TINGGALKAN ZONA NYAMANMU SEKARANG JUGA


Mayoritas dari kita sudah akrab dengan nasihat-nasihat yang mengatakan bahwa kita harus keluar dari zona nyaman. Tapi pada saat seperti apakah kita bisa dikatakan sudah masuk zona nyaman ? dan mengapa zona nyaman dikatakan berbahaya bagi kita ? 

Zona nyaman adalah situasi dimana kita benar-benar merasa aman, rileks dan puas dengan apa yang telah kita miliki saat ini. Tapi tanpa sadar kenyamanan itu sendiri membelenggu kita dari satu hal yang penting: keinginan untuk maju dan berkembang.
Jadi ketika satu kesempatan datang kita mengabaikannya dengan alasan "sudah merasa cukup dan bersyukur dengan keadaan ini"

Memang kita wajib bersyukur, namun bukan berarti kita menjadi malas dan tidak mau berusaha atau berkembang. Justru kita harusnya bersyukur bahwa kita masih dapat berkembang. Nasib baik itu bukan hanya ditunggu, tapi harus diupayakan. Sebaiknya kita wajib bersyukur dengan keadaan kita, dan atas rasa syukur itu kita dapat merasa yakin bahwa yg kita upayakan akan mendapat hasil. Dengan begitu kita tidak terjebak dalam zona nyaman.

Berikut bahaya dari zona nyaman :


Zona nyaman menutup kesempatan kita untuk tumbuh dan berkembang

Saat berada di zona nyaman kita, wajar untuk merasa puas dengan kehidupan kita. Namun sebenarnya kepuasan yang kita rasakan bersifat  semu, karena kita sebenarnya menutup mata terhadap berbagai perubahan dan kemajuan yang ada di sekeliling kita.
Padahal, perubahan itu akan selalu ada selama manusia hidup. 
Mungkin perlu kita akui bahwa alasan untuk menutup mata dan tinggal di zona nyaman kita hanyalah karena kita terlalu takut untuk menghadapi ketidaknyamanan saat kita menerima perubahan itu. Ketakutan pada perubahan itu akan menutup kesempatan kita untuk tumbuh dan berkembang menjadi sukses.


Berada di zona nyaman sama dengan menyulitkan diri sendiri

Karena kehidupan selalu berubah, kita juga harus mau menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Mereka yang tetap stagnan dan terlalu takut untuk berubah akan ditinggal oleh kehidupan. 
Sekarang mungkin kita masih merasa hidup kita baik-baik saja. Tapi seiring waktu, kita akan menyesal karena terlalu asik dengan zona nyaman kita. Usia menua, pengalaman minim, teman-teman kebanyakan telah sukses dengan pekerjaan mereka atau dengan usaha yang dirintisnya.
Kalau sudah begitu, apakah masih mau bermalas-malasan dengan zona nyaman ?


Zona nyaman cenderung membuat kita berpikir negatif

Terlalu asik dengan zona nyaman dengan tidak melakukan apapun akan membuat pikiran kita kosong. Tidak ada masalah yang harus kita pikirkan, tidak ada kesibukan yang harus dikerjakan dan tidak ada rencana yang harus dimatangkan. 
Pikiran yang kosong cenderung membuat kita memikirkan hal-hal yang negatif.


Kita akan dilanda kebosanan dan ketidakpuasan hidup

Zona nyaman juga akan membuat kita bosan terhadap kehidupan kita. Ditambah dengan kecenderungan berpikir negatif, kita menjadi semakin meratapi nasib. Kita perlahan mulai terasing, merasa paling tidak beruntung dan tidak ada satupun yang mengerti kita.
Padahal penyebab utamanya adalah kita terlalu nyaman berlama-lama dalam zona nyaman yang kita bangun. 
Secara tidak sadar kita menutup mata terhadap berbagai hal baru, pengalaman dan kesempatan baru untuk merasakan indahnya hidup yang sebenarnya datang kepadamu.


Perlahan kita kehilangan arah dan bingung dengan tujuan hidup kita sendiri

Berada dalam zona nyaman secara tidak langsung membiarkan hidup kita tanpa tujuan dan arah. Kita tidak lagi memiliki motivasi yang membuat kita bersemangat. Kita tidak lagi menikmati serunya menghadapi cobaan hidup yang tidak bisa di prediksi.


Kita akan kehilangan banyak kesempatan

Orang-orang dapat meraih kesuksesan mereka karena mereka selalu mencari-cari peluang dan kesempatan yang ada di sekitar mereka. Karena itu, mereka yang tidak berani keluar dari zona nyamannya tidak akan pernah bisa meraih kesuksesan. Orang yang seperti itu sudah cukup puas dengan hidupnya sehingga berbagai kesempatan yang datang padanya terlihat tidak cukup baik untuknya.


Apakah kita yakin benar-benar merasa bahagia dalam Zona Nyaman kita ?
Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kita sedang merasa stagnan dan jenuh dengan hidup ? Apakah kita benar-benar bahagia dengan yang selama ini kita lakukan ? atau apakah kondisi kita saat ini adalah kondisi yang kita cita-citakan sejak dahulu ?

Keluar dari zona nyaman memang gak menjamin bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Tapi yang pasti, akan ada banyak hal yang bisa kita temukan bila kita berani keluar dari zona nyaman yang sudah kita jalani selama ini.

Mulailah mencari tahu tentang apa yang benar-benar kita inginkan dalam hidup dan terima kesempatan yang menghampiri.
Tak perlu ragu dan takut dengan resiko yang akan kita hadapi, karena harusnya kita percaya resiko tersebut akan sebanding dengan kepuasan penuh yang akan kita rasakan ketika kita berani mengejar mimpi.




Komentar